Beranda Olah Raga Mesin Motor V-4 Engine Lebih Cepat di Banding Mesin Inline – 4...

Mesin Motor V-4 Engine Lebih Cepat di Banding Mesin Inline – 4 Engine, Yuk Kita Bongkar

875
0

Mesin V4 lebih sedikit kerugian daya saat memompa udara (elemen pembakaran selain api dan bahan bakar) dari intake ke knalpot..Artinya power yang terbuang lebih kecil.. Dimana lebih dari 300 liter udara per detik mengalir melalui mesin 1000cc pada putaran mesin 18.000 rpm.

Jadi kelebihan poros engkol V4 adalah: lebih kuat, minim getaran, keseimbangan yang lebih baik, minim gesekan, loss power minim saat proses pemompaan udara. Sehingga memungkinkan mesin lebih mampu berteriak lebih tinggi, lebih banyak power.. Tidak mustahil mesin ini dengan mudah menggapai kecepatan puncaknya ( top speed).

BACA JUGA :  Crutchlow: Honda tidak perlu mengubah filosofi Motor RC213V

Kerugian Mesin Inline-4

Sementara itu mesin inline-4 harus bergelut dengan masalah crankshaft flex (hasil dari tekanan silinder tinggi pada poros engkol), crankcase flex, lebih banyak gesekan, lebih banyak getaran, dan kerugian pemompaan yang lebih besar, yang membuat mesin kurang mampu menghasilkan lebih banyak power. Solusi Yamaha menghadapi masalah ini dengan membuat crankcases YZR-M1 dari billet (material yang panjang dan padat yang telah diekstrusi/ ditekan dalam cetakan) padat untuk mengurangi kelenturan.

BACA JUGA :  Saatnya Menang di Kandang Sendiri, Ini Tanggapan Zarco

Selain itu kelompok mesin V4 ( Ducati, Honda, KTM, Aprilia) menggunakan V4 90 derajat?.. Sudut ini memungkinkan untuk menggunakan berbagai variasi perintah urutan pengapian ( firing order) seperti big bang, long bang, dll. Dimana mampu menghasilkan variasi jenis power dan torsi yang lebih baik bagi pembalap.

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda