Beranda Olah Raga Mesin Motor V-4 Engine Lebih Cepat di Banding Mesin Inline – 4...

Mesin Motor V-4 Engine Lebih Cepat di Banding Mesin Inline – 4 Engine, Yuk Kita Bongkar

858
0
Mesin Motor V-4 Engine Lebih Cepat di Banding Mesin Inline - 4 Engine, Yuk Kita Bongkar | Photo : PP/Net

DETIKEPRI.COM, AUTOMOTIVE – Dunia balap motogp tidak hanya ajang kehebatan para rider, melainkan adu kuat dan kecepatan mesin yang diciptakan, ada dua tipe mesin yaitu Inline 4 Engine dan V-4 Engine. Persaingan dua jenis mesin ini cukup tinggi.

Bahkan kecepatan masing-masing tipe mesin juga berbeda, terlebih lagi mesin V-4 Engine lebih kencang dibandingkan mesin Inline 4 Engine.

BACA JUGA :  Hasil FP2 Motogp Itali, Ianone Tercepat Lagi, Marquez Terjatuh

Di MotoGP data menunjukkan dominasi mesin V-4 (Honda, Ducati, KTM, Aprilia) atas Inline-4 ( Yamaha dan Suzuki). Faktanya dalam 50 balapan terakhir: Mesin V4 menang 44 kali dari 50 balapan atau tingkat kemenangannya 88 %. Mesin V4 catatkan top speed terbaik sebanyak 47 kali dari 50 balapan, tingkat keberhasilannya 94 %. Kenapa motor dengan mesin V-4 lebih cepat daripada Inline-4 di MotoGP?

BACA JUGA :  Romano Finati Baiknya Dihukum Tidak Membalap lagi, Ini Penjelasan Cal Crutchlow

Kenapa Motor dengan Mesin V-4 Lebih Cepat daripada Inline-4 di MotoGP?

– Mesin V4 Lebih Bertenaga
– Mesin V4 menghasilkan power yang lebih besar, hal ini bisa dijelaskan akibat desain poros engkol (Crankshaft), untuk V4 porosnya lebih pendek daripada Inline-4, jadi lebih kaku dan kuat. Selain beberapa keunggulan lainnya adalah:
– Model poros V4 menciptakan lebih sedikit gesekan karena bekerja pada tiga bantalan (bearing) utama. Sementara mesin inline-4 butuh setidaknya 5 bearing.

BACA JUGA :  Ducati Lepas Lorenzo Hingga Akhir Musim, Petruci Kandidat Kuat Dampingi Dovi

Dengan batang penghubung yang berdekatan membuat V4 lebih sedikit getaran. Apalagi dengan sudut 90 derajat memiliki keseimbangan yang sempurna.

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda