Beranda Olah Raga Mesin Motor V-4 Engine Lebih Cepat di Banding Mesin Inline – 4...

Mesin Motor V-4 Engine Lebih Cepat di Banding Mesin Inline – 4 Engine, Yuk Kita Bongkar

853
0
Mesin Motor V-4 Engine Lebih Cepat di Banding Mesin Inline - 4 Engine, Yuk Kita Bongkar | Photo : PP/Net

DETIKEPRI.COM, AUTOMOTIVE – Dunia balap motogp tidak hanya ajang kehebatan para rider, melainkan adu kuat dan kecepatan mesin yang diciptakan, ada dua tipe mesin yaitu Inline 4 Engine dan V-4 Engine. Persaingan dua jenis mesin ini cukup tinggi.

Bahkan kecepatan masing-masing tipe mesin juga berbeda, terlebih lagi mesin V-4 Engine lebih kencang dibandingkan mesin Inline 4 Engine.

BACA JUGA :  Aspal baru Silverstone penyebab batalnya MotoGP Inggris

Di MotoGP data menunjukkan dominasi mesin V-4 (Honda, Ducati, KTM, Aprilia) atas Inline-4 ( Yamaha dan Suzuki). Faktanya dalam 50 balapan terakhir: Mesin V4 menang 44 kali dari 50 balapan atau tingkat kemenangannya 88 %. Mesin V4 catatkan top speed terbaik sebanyak 47 kali dari 50 balapan, tingkat keberhasilannya 94 %. Kenapa motor dengan mesin V-4 lebih cepat daripada Inline-4 di MotoGP?

BACA JUGA :  Rosi Harus Telan Pil Pahit, Hasil Kualifikasi Terpuruk di Posisi Ke Sembilan

Kenapa Motor dengan Mesin V-4 Lebih Cepat daripada Inline-4 di MotoGP?

– Mesin V4 Lebih Bertenaga
– Mesin V4 menghasilkan power yang lebih besar, hal ini bisa dijelaskan akibat desain poros engkol (Crankshaft), untuk V4 porosnya lebih pendek daripada Inline-4, jadi lebih kaku dan kuat. Selain beberapa keunggulan lainnya adalah:
– Model poros V4 menciptakan lebih sedikit gesekan karena bekerja pada tiga bantalan (bearing) utama. Sementara mesin inline-4 butuh setidaknya 5 bearing.

BACA JUGA :  Marquez Akui Kehebatan Lorenzo, Serta Sulit di Taklukan

Dengan batang penghubung yang berdekatan membuat V4 lebih sedikit getaran. Apalagi dengan sudut 90 derajat memiliki keseimbangan yang sempurna.

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda