Beranda Teknologi Google Doodle Hari ini Katsuko Saruhashi, Yang Suka Ngelamun di Kelas

Google Doodle Hari ini Katsuko Saruhashi, Yang Suka Ngelamun di Kelas

1257
0
BERBAGI

DETIKEPRI.COM, OLAH RAGA – Google Doodle kali ini mengambil seorang tokoh perempuan yang bernama Katsuko Saruhashi yang berasal dari Jepang, seorang wanita hebat yang dulunya suka ngelamun di dalam kelas. Ada yang menarik dari tampilan halaman muka situs mesin pencarian Google pada Kamis (22/3/2018) hari ini.

Google menampilkan doodle sosok Katsuko Saruhashi. Bagi warga Indonesia, sosok Katsuko Saruhashi adalah nama yang terdengar sangat asing di telinga bukan?

Meski begitu, ada cerita menarik dibalik sosok Katsuko Saruhashi sehingga sosoknya dijadikan tokoh pada Google Doodle, hari ini.

BACA JUGA :  Teknologi Robot Pembuat Kursi, Bakal di Terapkan pada 3D Printing

Sosoknya dipandang begitu spesial di mata warga dunia karena menjadi salah satu tokoh wanita di dunia dalam bidang ilmu bumi terutama bidang geokimia. Untuk mengupas sosoknya lebih dalam, mari kita baca salah satu quote dari sosoknya yang begitu terkenal.

“Ada banyak wanita yang memiliki kemampuan untuk menjadi ilmuwan hebat. Saya ingin melihat hari ketika wanita dapat berkontribusi pada sains dan teknologi yang setara dengan pria.”

Ya, sosok Katsuko Saruhashi adalah salah satu tokoh ilmuan wanita yang mencoba mendobrak kerangka sains dan teknologi yang sebelumnya selalu didominasi oleh kaum pria. Langkah besarnya dalam bidang ilmu pengetahuan ini dimulai dengan sebuah kisah sederhana.

BACA JUGA :  Tik Tok Bikin Goblok?

Semua bermula saat Saruhashi muda tengah duduk di ruang kelas di mana ia menempuh pendidikan sekolah dasar. Sama seperti bocah SD pada umumnya, Saruhashi kadang melamun di dalam kelas mengabaikan pelajaran dari gurunya.

Tak fokus dengan pelajaran yang mungkin dianggapnya membosankan kala itu, Saruhashi muda mengalihkan fokusnya pada hal yang lain.

BACA JUGA :  Waspada, Titik Hitam di Pesan Whatsapps Bisa Rusakan Android

Fokus Saruhashi kala itu tertuju pada jendela kelas yang berada di sampingya. Ia termenung memandangi hujan yang turun rintik-rintik di luar kelas melalui jendela tersebut.

Dari hal sederhana ini, Saruhashi pun mulai bertanya-tanya.

Apa kiranya yang membuat hujan turun?

Perjalanannya untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang cukup simple itu pun membawanya menjadi wanita pertama yang mendapatkan gelar doktor dalam bidang kimia dari Universitas Tokyo pada tahun 1957.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here