Beranda Sejarah Seni & Budaya 5 Desa Tenun yang ada di Indonesia yang Wajib kamu kunjungi

5 Desa Tenun yang ada di Indonesia yang Wajib kamu kunjungi

138

DETIKEPRI.COM, SENI & BUDAYA – Tenun adalah warisan budaya yang ada di Indonesia, namun yang harus diketahui kain hasil tenun sebenarnya banyak berada di seluruh dunia, namun dengan istilah dan nama yang berbeda.

Biasanya negara tersebut memiliki beberapa suku, jadi untuk membedakan identitas dan ciri khasnya setiap suku memiliki kepercayaan dan budaya sendiri.

Bisa dilihat dari jenis tarian, dari kebiasaan berburu, dari cara mereka bercocok tanam, jika mereka telah mengenal cocok tanam, dan cara mereka membuat pakaian.

Nah di pakaian ini lah yang betul-betul memiliki kesan khas dari negara tersebutu. Seperti halnya Indonesia yang memiliki 1.340 Suku yang berbeda.

Di setiap suku memiliki kebiasaan, dan ciri khasnya tersendiri, ada beberapa yang diaplikasikan melalui kain yang sering disebut kain tenun, kain yang dibuat dengan tangan secara tradisional yang menggunakan alat yang terbuat dari kayu.

Ya, selain batik, kain tenun juga disebut-sebut sebagai kain tradisional nusantara yang bernilai tinggi dan sarat akan makna filosofis.

Nah, ada beberapa daerah #DiIndonesiaAja yang dikenal mampu menghasilkan kain tenun dengan kualitas terbaik, antara lain Sumatera Utara, Palembang, NTT, dan beberapa daerah lainnya.

Sobat Pesona pasti sudah sering membeli dan melihat kain tenun, kan? Kalau menenun kain dengan tangan sendiri, sudah pernah belum? Kalau kamu tertarik mencobanya, datang ke lima desa penghasil tenun terbaik berikut ini, yuk! Selain bisa melihat proses pembuatannya, kamu juga bisa belajar menenun langsung dari para pengrajinnya, lho!

1. Desa Tenganan, Bali

Inilah desa tradisional yang menjadi destinasi favorit para wisatawan domestik maupun mancanegara. Bukan tanpa alasan, desa ini sangat populer karena memiliki keunikan dan budaya yang luar biasa.

Bagaimana tidak, bangunan penduduk di seluruh desa ini masih menggunakan gaya tradisional, lho! Tak ketinggalan, pesona lain yang ditawarkan desa ini adalah kain tenunnya.

Kain tenun yang sangat terkenal dari Desa Tenganan ini biasa disebut kain gringsing. Keistimewaan dari kain gringsing buatan Desa Tenganan adalah penggunaan teknik dobel ikat dalam proses pembuatannya. Teknik pembuatan kain tersebut hanya dilakukan oleh masyarakat Desa Tenganan, lho!

Tinggalkan Balasan