Beranda Berita Automotive Perlu Anda Tahu, Ini Arti dan Fungsi Lambang Indikator di Mobil

Perlu Anda Tahu, Ini Arti dan Fungsi Lambang Indikator di Mobil

561
0

DETIKEPRI.COM, AUTOMOTIVE –¬† Selama ini banyak para pengendara tidak begitu memahami apa maksud dan arti dari indikator yang ada di panel kontrol mobil, cukup sedikit yang tau detail dari lampu indikator tersebut.

Sehingga wajar jika terjadi kesalahan penggunaan saat mengendarai sebuah mobil di jalan raya atau di jalan umum.

Padahal ini penting bagi setiap pengendara mobil untuk mengetahui makna indikator di panel kontrol mobil.

Kondisi mobil bukanlah hal yang sulit untuk dikenali perubahan atau situasinya. Setiap anomali di banyak perangkat, utamanya yang berkaitan dengan kondisi kendaraan biasanya sudah memiliki sensor masing-masing.

Semua pabrikan biasanya sudah berbaik hati menyediakan ragam parameter untuk memberi notifikasi ketika ada perubahan pada perangkat tersebut. Tentu saja tak semua notifikasi berarti ada sesuatu yang buruk terjadi.

Walau tak ada bahasa keseragaman dalam menyampaikan pesan lewat notifikasi, namun simbol-simbol biasanya digunakan oleh pabrikan lewat panel instrumen yang biasa disebut speedometer.

Ya, speedometer yang ada di balik kemudi sebenarnya bukan sekadar memberikan informasi berapa kecepatan, putaran mesin, ataupun kondisi bahan bakar saja. Ada alasan kenapa pabrikan menyebutnya panel instrumen atau indikator.

Lewat simbol-simbol pada indikator tersebut, pabrikan berusaha memberi tahu dengan mudah berbagai kondisi kendaraan pada panel instrumen yang memang lokasinya dekat dengan mata pengemudi.

Berikut kami paparkan pada Anda arti simbol-simbol indikator di panel instrumen yang umum ditemukan di mobil-mobil yang beredar di Tanah Air yang kami rangkum dari laman Toyota Global Autozone dan Honda Carland. Note: simbol-simbol ini juga bisa Anda temukan di buku panduan pemilik kendaraan.

Cek Mesin

Cek Mesin

Tanda ini mengindikaskan komputer mobil membaca ada permasalahan pada sektor mesin. Karena mesin itu sendiri terdiri dari banyak komponen, biasanya untuk mengenali lebih detil titik permasalahannya perlu dibutuhkan pembacaan oleh teknisi menggunakan alat On Board Diagnostic (OBD).

Suhu Radiator

Suhu Radiator

Jika berwarna biru, biasanya indikator radiator memberi tahu bahwa suhu mesin belum cukup panas untuk bekerja. Jika berwarna merah, artinya radiator sudah terlalu panas, begitupun di mesin, jadi sebaiknya matikan kendaraan segera.

Tekanan Oli

Tekanan Oli

Jika logo ini menyala, maka langsung hentikan kendaraan, dan diamkan hingga mesin dingin. Setelah itu, tambahkan oli. Ya, penyebab simbol ini muncul biasanya adalah menurunnya tekanan atau jumlah oli di mesin.

Servis

Servis

Simbol ini biasanya berbeda-beda tergantung pabrikan. Namun biasanya ada tanda kunci tang, dan mobil, atau kunci tang dan mesin. Artinya Anda harus segera memeriksakan kondisi kendaraan ke mobil. Tak perlu khawatir ada masalah, beberapa pabrikan biasanya mengaktifkan indikator ini dengan maksud mengingatkan jadwal perawatan berkala.

Aki

Aki

Sebagai perangkat penyimpan listrik untuk berbagai kebutuhan elektrikal mobil, aki pun biasanya memiliki indikatornya sendiri jika terjadi anomali. Biasanya yang terjadi adalah menurunnya daya listrik di aki. Hal ini bisa disebabkan juga oleh kemampuan alternator dalam menciptakan listrik menurun.

Power Steering

Power Steering

Saat ini sistem pemandu kemudi memang sudah beragam. Ada hidrolis maupun elektrik. Namun, apapun sistemnya, ketika terjadi anomali, maka dapat menimbulkan anomali pada pengendalian. Karenanya, jika logo kemudi ini menyala, artinya ada hal yang tidak normal terjadi pada sistem pemandu kemudi.

Kunci Tidak Terbaca

Kunci Tidak Terbaca

Sistem ini biasanya ada pada mobil dengan sistem Immobilizer. Di mana mobil tak akan mau menyala jika bukan kunci yang seharusnya yang digunakan untuk mengaktifkan.