Beranda Advertorial Mengenal Sang Pejuang HAM “Munir”

Mengenal Sang Pejuang HAM “Munir”

1192
0
BERBAGI

Detikepri.com, Jakarta – Sosoknya memang tak lagi bersama kita. Tapi, nama besar, perjuangan, idealisme, dan kenangan tentang Munir masih tetap menggema di seluruh pelosok negeri.

Banyak orang hanya mengenal almarhum Munir Said Thalib sebagai aktivis, pejuang HAM dan antikorupsi. Padahal, sosok sederhana dan bersahaja ini sama seperti orang kebanyakan. Kita bisa mengenal dan merasa lebih dekat dengan Munir dengan menonton sebuah film dokumenter berjudul Kiri Hijau Kanan Merah yang diproduksi oleh Watchdoc dan Komite Aksi Solidaritas untuk Munir (KASUM).

BACA JUGA :  Mengenal Lebih Dekat Sosok Ansar Ahmad Dengan Teori Growthfull

Disutradarai oleh Dandhy Laksono, film ini mengupas kehidupan Munir semasa kecil hingga “kepergiannya” pada 7 September 2004 lalu dari kacamata guru, sahabat, dan rekan kerja. Hingga orang-orang yang pernah berinteraksi langsung dengan almarhum selama hidupnya.

Film pendek berdurasi 48 menit ini sebenarnya lebih banyak mengungkap hal humanis tentang Munir. Dimulai dari Munir kecil yang tinggal dan bertumbuh di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Ia memulai pendidikannya di SD Muhammadiyah Batu, melanjutkan ke SMPN 1 Batu, dan SMAN 1 Batu.

BACA JUGA :  Dr. Hj. Susilawati, S.Ag,M.Ed,  Srikandi Propinsi Kepri, Membangun Pendidikan Membangun Daerah

Semasa sekolah, Munir bukanlah anak yang menonjol dalam prestasi akademis. Ia juga lemah dalam pelajaran bahasa Inggris. Bahkan, saat dibangku SMP, ia masuk di urutan bawah dengan peringkat 180 dari 200 siswa. “Tapi dia punya kelebihan, dia pintar kalau berdiskusi,” kata Alimah, guru SMPN 1 yang pernah mendidik Munir, seperti dikutip dalam film dokumenter Kiri Hijau Kanan Merah.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here