Beranda Internasional Protes di Amerika Berlanjut, Polisi Menangkap Para Demonstran di Seattle

Protes di Amerika Berlanjut, Polisi Menangkap Para Demonstran di Seattle

17
Sekelompok besar pengunjuk rasa Amerika Serikat berpawai pada hari Sabtu di Seattle untuk mendukung Black Lives Matter dan menentang kebrutalan polisi dan ketidakadilan rasial [Ted S Warren / AP]

DETIKEPRI.COM, INTERNASIONAL – Kota Seattle Amerika Serikat telah menyatakan kerusuhan menyusul demonstrasi besar-besaran di lingkungan Capitol Hill, dan polisi telah mengerahkan poni dan semprotan merica untuk mencoba membersihkan “zona protes yang diduduki” yang berusia berminggu-minggu yang membentang beberapa blok.

Melalui Twitter, polisi mengatakan mereka telah melakukan setidaknya 11 penangkapan dan sedang menyelidiki “kemungkinan kerusakan akibat ledakan” pada dinding kantor polisi Precinct Timur di kota itu pada hari Sabtu.

Pihak berwenang mengatakan batu, botol, dan mortir dilemparkan ke arah petugas ketika mereka berusaha membersihkan daerah itu. Seorang petugas dirawat di rumah sakit karena cedera kaki yang disebabkan oleh ledakan.

Sebelumnya, para pengunjuk rasa di Seattle menerobos pagar tempat fasilitas penahanan kaum muda sedang dibangun, dengan beberapa orang membakar dan merusak sebuah trailer portabel, kata pihak berwenang.

Ribuan pengunjuk rasa pada awalnya berkumpul secara damai di dekat pusat kota Seattle pada hari Sabtu dalam sebuah pertunjukan solidaritas dengan sesama demonstran di Portland, Oregon, tempat ketegangan dengan penegak hukum federal meningkat selama protes yang bersumber dari pembunuhan 25 Mei atas George Floyd di Minneapolis.

Awalnya, tidak ada tanda-tanda penegakan hukum di dekat pawai Seattle.

Kemudian, Kepolisian Seattle mengatakan melalui Twitter bahwa sekitar selusin orang melanggar situs konstruksi untuk fasilitas tahanan pemuda King County. Juga, polisi mengatakan para pengunjuk rasa memecahkan jendela di fasilitas pengadilan King County.

Kontroversi penggunaan gas air mata

Awal pekan ini, Eksekutif King County, Dow Constantine, dalam menanggapi tuntutan lama dari aktivis masyarakat, mengatakan ia akan bekerja untuk menghilangkan pusat-pusat penahanan kaum muda di wilayah itu pada tahun 2025.

Setelah kebakaran di lokasi pembangunan, pihak berwenang mengatakan mereka telah memerintahkan orang untuk meninggalkan daerah yang berbeda, di bagian Capitol Hill, dekat pusat kota, tempat East Precinct berada.

Awal bulan ini, polisi membersihkan zona “Capitol Hill Occupied Protest” setelah dua penembakan fatal.

Sekelompok orang telah menduduki beberapa blok di sekitar taman selama sekitar dua minggu setelah perselisihan dan bentrokan yang merupakan bagian dari kerusuhan nasional atas pembunuhan Floyd, seorang pria kulit hitam yang meninggal dalam tahanan polisi.

Tinggalkan Balasan