Beranda Lifestyle Mual dan Gemuk Sering di Alami Ibu Hamil, Ini 20 Cemilan Yang...

Mual dan Gemuk Sering di Alami Ibu Hamil, Ini 20 Cemilan Yang Aman

393

Angka kecukupan asam folat harian yang disarankan untuk ibu hamil yakni 400-800 mikrogram (mcg). Selain salad sayur, Anda bisa mendapatkan asam folat melalui:

  • Jeruk
  • Sereal gandum
  • Kacang polong

6. Jus Buah

Cemilan ibu hamil trimester dua lainnya adalah jus buah. Jus buah berfungsi sebagai sumber energi dan juga membantu ibu hamil untuk bisa tetap menjaga berat badannya.

Pasalnya, buah-buahan mengandung zat seperti serat yang baik untuk memberikan efek kenyang lebih lama sehingga frekuensi makan dapat terkendali. Selain itu, jus buah juga menjadi cemilan ibu hamil agar tidak mual apabila buah yang Anda gunakan seperti pisang.

BACA JUGA :  Kondisi Hamil Dilarang Konsumsi Obat Sembarangan, Inilah 13 Obat Yang Aman Dan Alami

Pun, jus buah diperkaya oleh sejumlah jenis vitamin yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin mulai dari organ tubuh, tulang, dan sistem saraf.

Cemilan Ibu Hamil Trimester Ketiga

Trimester ketiga menjadi periode kehamilan yang cukup krusial. Pada periode ini, ibu hamil tentunya harus lebih berhati-hati lagi dalam mengonsumsi makanan. Pun, ibu hamil membutuhkan setidaknya tambahan 500 kalori di trimester tiga.

BACA JUGA :  Bunda Ketahuilah Penyebab Keram Perut Saat Hamil dan Cara Meredakannya

Kendati begitu, bukan berarti Anda ‘diharamkan’ untuk mengonsumsi cemilan, ya. Anda masih boleh kok untuk menikmati cemilan di sela-sela waktu makan. Berikut adalah jenis cemilan ibu hamil trimester ketiga yang perlu Anda ketahui.

1. Buah-Buahan Segar

Buah-buahan segar menjadi cemilan ibu hamil trimester ketiga yang paling utama.

Anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Pasalnya, vitamin C berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi plasenta. Selain itu, vitamin membantu penyerapan zat besi yang didapat dari makanan. Vitamin C juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ibu hamil tidak mudah terserang penyakit menjelang kelahiran.

BACA JUGA :  Yang Lagi Hamil Muda, Jangan Konsumsi 10 Makanan Ini, Tidak Baik Untuk Kehamilan

2. Buah Kering

Sebagai cemilan ibu hamil trimester ketiga, buah kering memiliki manfaat untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan kalori. Selain itu, kandungan seratnya melindungi ibu hamil dari gangguan pencernaan seperti sembelit.

Akan tetapi, Anda tidak bisa sembarangan mengonsumsi buah kering sebagai cemilan saat hamil. Pilihlah buah kering yang mengandung sedikit gula. Pun, sebaiknya tidak mengonsumsi buah kering lebih dari satu porsi per hari.

Tinggalkan Balasan