Beranda Wisata & Travel Berbuka Puasa dengan Manisan Kolang kaling, 9 Manfaat Kolang Kaling

Berbuka Puasa dengan Manisan Kolang kaling, 9 Manfaat Kolang Kaling

0
Berbuka Puasa dengan Manisan Kolang kaling, 9 Manfaat Kolang Kaling | Photo : Ist/Net

FOOD & TRAVEL – Banyak yang mengenal buah enau atau sering disebut kolang kaling, bahkan berbagai panganan dibuat dari kolang kaling, ternyata kolang kaling memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terlebih lagi buah yang sering dibuat manisan ini bisa menguatkan tulang.

Bentuk dan juga teksturnya yang tampak unik membuat kolang-kaling ini sering menjadi pelengkap es ataupun kolak. Kolang-kaling semakin mudah ditemukan ketika memasuki bulan Ramadan.

Di balik rasa dan bentuknya, ternyata buah yang berasal dari pohon enau ini mempunyai kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan mineralnya seperti protasium, iron, kalsium dapat membuat tubuh jadi segar dan mampu memperlancar metabolisme tubuh.

Kandungan gelatin serta vitamin A, B dan C-nya diketahui punya efek baik bagi tubuh manusia. Tingginya kandungan air yang terdapat dalam kolang kaling cukup tinggi, mencapai 94%, ini memberikan efek yang menyegarkan. Penelitian dari Departemen Pertanian menjelaskan beberapa khasiat utama dari kolang kaling bagi kesehatan tubuh. Berikut 9 manfaat kolang kaling bagi kesehatan tubuh.

1. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat kasar di dalam kolang-kaling yang mencapai 39% sangat baik untuk dapat melancarkan pencernaan. Kandungan serat kolang kaling yang tinggi dan kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat kolang-kaling lebih lama saat dicerna di dalam perut sehingga mampu menekan nafsu makan dan menyimpan energi cukup lama.

Serat dari kolang-kaling yang masuk ke dalam tubuh juga membuat proses pembuangan air besar jadi teratur sehingga mampu mencegah kegemukan ataupun obesitas.

2. Sumber energi

Buah ini juga diketahui mengandung karbohidrat sebagai salah satu sumber energi untuk tubuh. Tak heran jika Anda makan kolang-kaling dalam jumlah yang cukup akan membuat kenyang. Cocok untuk siapa saja yang menerapkan pola diet sehat.

3. Mengatasi Radang Sendi

Penyakit radang sendi ini dapat menyebabkan gejala sakit di bagian lutut setelah Anda berjalan beberapa menit atau disaat menaiki tangga. Kolang-kaling juga dapat dimanfaatkan menjadi obat untuk dapat meredakan radang sendi.

Cukup dengan cara merebus kolang-kaling tanpa memakai gula ataupun pewarna atau dijadikan sebagai manisan dengan memakai tambahan gula batu dan daun pandan ataupun jahe.

Tinggalkan Balasan