Beranda Lifestyle Waspadalah…!!! Makanan ini Bisa Bahayakan Kesehatan Ginjal

Waspadalah…!!! Makanan ini Bisa Bahayakan Kesehatan Ginjal

318
0
BERBAGI
Ada beberapa makanan yang dapat bahayakan ginjal | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh, yang fungsinya menyaring sari makanan, ginjal juga berfungsi membersihkan makanan dan memproduksi air seni. Oleh sebab itu jangan sampai mengkonsumsi makanan yang justru membahayakan ginjal.

Makanan yang dikonsumsi selama ini tidak diperhatikan bahwa makanan tersebut dapat membahayakan organ tubuh yang satu ini.

Salah satu organ di dalam tubuh yang bekerja dengan keras setiap hari adalah ginjal. Organ ini berperan besar dalam menyaring darah di dalam tubuh.

BACA JUGA :  Benarkah Srabut Putih Pada Jeruk Baik Untuk Kesehatan, Dan Banyak Manfaatnya

Jika sampai kita menerapkan pola makan dan minum yang tidak sehat, maka kandungan di dalam makanan dan minuman ini akan membuat ginjal harus melakukan penyaringan dengan lebih keras. Padahal, jika sampai ginjal bekerja terlalu keras, risiko untuk mengalami kerusakan pun akan meningkat.

Beberapa jenis makanan yang bisa membuat kinerja ginjal terlalu keras seperti makanan yang kaya akan kandungan protein hewani sebaiknya mulai kita kurangi porsi atau frekuensi konsumsinya. Daging-dagingan seperti daging merah yang kaya akan kandungan fosfor dan purin yang ternyata bisa memberikan efek yang tidak sehat bagi ginjal.

BACA JUGA :  Mau Tampil Cantik dan Berseri Gunakan Lidah Buaya, Gimana Caranya?

Sebagai contoh, purin bisa memicu pembentukan asam urat yang berbahaya bagi ginjal dan persendian. Tak hanya menyebabkan penyakit gout, kandungan ini juga bisa menyebabkan gagal ginjal.

Makanan yang kaya akan kandungan natrium ternyata juga bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan ginjal. Jika kita terlalu sering mengonsumsi makanan yang banyak diberi kandungan garam, makanan cepat saji, makanan berpengawet, dan makanan kalengan, maka risiko untuk mengalami kerusakan ginjal dan tekanan darah tinggi juga meningkat dengan signifikan.

BACA JUGA :  Dua Brand Komestik Asal Korea Ditarik dari Pasaran
Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here