Beranda Berita Daerah Polsek Bintim dan PPK Binsir Gelar Simulasi Pengamanan dab Pelaksanaan Penyelenggara Pemungutan...

Polsek Bintim dan PPK Binsir Gelar Simulasi Pengamanan dab Pelaksanaan Penyelenggara Pemungutan Suara di TPS

111
0

DETIKEPRI.COM, BINTAN – Polsek Bintan Timur bersama PPK Kecamatan Bintan Pesisir Menggelar Simulasi Pengamanan Dan Penyelengaraan Pemungutan Suara di TPS dalam rangka Pilkada Serentak Tahun 2020 diwilayah Kecamatan Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan.

Simulasi diikuti oleh Personil Pengamanan dari Polsek Bintan Timur, petugas Linmas, dan Penyelenggara Pilkada yakni PPK, PPS, KPPS, serta masyarakat yang berperan sebagai pemilih.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Akp Ulil Rahim, S.Kom, MH (Kapolsek Bintan Timur), Varnida Norman (Ketua PPK Bintan Pesisir), Sudirman (Ketua PPS Desa Kelong), Anggota PPK dan PPS se- Kec. Bintan Pesisir, Perwakilan petugas KPPS dan Linmas se- Kec. Bintan Pesisir.

Kapolsek Bintan Timur AKP Ulil Rahim mengatakan bahwa Simulasi bertujuan untuk mengecek dan melatih kesiapan personil dalam pengamanan TPS serta meningkatkan pemahaman petugas KPPS dalam menyelenggarakan pemungutan suara.

Tahapan kegiatan simulasi berawal saat Personil Pam TPS melakukan Pengawalan Kotak Suara dari Kantor Desa Kelong Menuju TPS, kemudian dilanjutkan dengan sterilisasi di TPS oleh Petugas Pam dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh angota linmas sebelum pelaksanaan pencoblosan dimulai.

Setelah sterilisasi dilakukan, KPPS tiba di TPS dengan membuka rapat pemungutan suara pukul 07.00 wib, yang dihadiri oleh Pengawas TPS, Saksi, dan Pemilih, dilanjutkan dengan pembacaan sumpah lalu Ketua KPPS dibantu anggota KPPS membuka kotak suara dan melakukan pemeriksaan kelengkapan (menghitung, mengeluarkan, mengidentifikasi, jenis dokumen, peralatan TPS) utk memperlihatkan kepada saksi dan pengawas TPS serta pemilih kemudian menggembok kembali kotak suara tsb.

LEAVE A REPLY

Berikan Komentar Anda
Ketikan Nama lengkap anda