Beranda Ekonomi & Bisnis Harga Emas Hari Ini Tertinggi Sepanjang Masa, Pergram tembus sampai Rp1 Juta

Harga Emas Hari Ini Tertinggi Sepanjang Masa, Pergram tembus sampai Rp1 Juta

46
Harga Emas Hari Ini Tertinggi Sepanjang Masa, Pergram tembus sampai Rp1 Juta | Photo : Ist/Net/Red

DETIKEPRI.COM, EKONOMI – Hari ini emas meningkat tajam dan tembus harga sebesar Rp. 1.013.000 per gramnya, ini merupakan harga tertinggi sepanjang masa.

Kenaikan sangat mengejutkan terlebih lagi kenaikan emas ini diakibatkan pandemi global yang hingga saat ini masih dalam kondisi labil.

Sehingga emas menjadi logam mulia yang sangat seimbang dan bahkan cenderung naik, terlebih kondisi hari ini invesatasi emas sangat menggiurkan.

Harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk atau Antam sudah tembus di harga Rp 1.022.000 per gram pada Selasa (28/7/2020), atau naik Rp 25.000 per gram jika dibandingkan harga pada Senin (27/7/2020).

Selaras dengan itu, harga jual kembali atau buyback emas Antam pun mengalami peningkatan Rp 23.000 per gram, menjadi Rp Rp 919.000 per gram.

Dengan melonjaknya harga emas itu, apakah kini saat yang tepat menjual emas? Analis Emas sekaligus Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, mengatakan, mereka yang memiliki simpanan emas lebih baik untuk menahan diri.

“Masyakarat menahan diri dulu untuk menjual, menunggu posisi tertinggi,” kata Ibrahim saat dihubungi dilansir dari Kompas.com, Selasa (28/7/2020).

Dia memperkirakan harga emas dunia masih akan mengalami peningkatan. Beberapa faktor yang mendasarinya adalah penyebaran virus corona yang belum mereda, ketegangan antara Amerika Serikat dan China, hingga ketegangan di perbatasan China dan India.

Situasi tersebut, menurut Ibrahim, membuat sebagian besar investor kembali memilih emas sebagai instrumen simpanan.

Hal inilah yang membuat harga emas naik. Baca juga: Harga Emas Antam Tembus Rp 1 Juta Per Gram Jika kondisi tersebut masih berlangsung, kata dia, harga emas dunia bisa mencapai harga 2.000 dolar AS per ons.

Pada akhir perdagangan Senin (27/7/2020) waktu Amerika Serikat (Selasa pagi WIB), harga emas di divisi COMEX New York Mercantile Exchange melonjak 33,5 dolar AS atau 1,77 persen, ditutup pada 1.931 dolar AS per ons.

“Kalau mencapai level 2.000 (dolar AS per ons), emas Antam bisa mencapai Rp 1.070.000 (per gram, dihitung 1 dolar AS sama dengan Rp 14.800),” jelas Ibrahim.

Tinggalkan Balasan