Beranda Berita Daerah SMSI Kepri: Terkait Kehumasan, Gubernur Sebaiknya Belajar ke Pemko dan BP Batam

SMSI Kepri: Terkait Kehumasan, Gubernur Sebaiknya Belajar ke Pemko dan BP Batam

41
0
SMSI Kepri: Terkait Kehumasan, Gubernur Sebaiknya Belajar ke Pemko dan BP Batam

DETIKEPRI.COM, BATAM – Plt Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kepri, Rinaldi Samjaya meminta kepada Gubernur Kepri, Ansar Ahmad agar lebih banyak belajar terkait tata kelola kehumasan, kepada Pemko Batam dan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

“Saya melihat tata kelola kehumasan di BP Batam dan Pemko Batam itu lebih bagus dan nyambung dengan insan pers. Berbeda sekali dengan Pemprov Kepri,” ujar Rinaldi, saat pelaksanaan Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov) I SMSI Kepri 2024, di Golden View Hotel Batam, Sabtu (26/1/2024).

Menurut Rinaldi, selain tata kelola kehumasan dari aspek administrasi, dia juga memuji pola dan gaya komunikasi yang terbangun antara bagian humas di BP serta Pemko Batam dengan masyarakat dan insan pers.

Di kedua institusi yang dipimpin H Muhammad Rudi tersebut kata Rinaldi, bidang humas benar-benar berfungsi sebagai corong dari institusinya. Mereka kerap hadir dan tampil di berbagai platform media dalam menanggapi banyak permasalahan yang muncul di masyarakat.

Berbeda dengan Pemprov Kepri kata Rinaldi, dirinya mendapat banyak keluhan, bahwa bagian humas Pemprov Kepri yang dipimpin oleh Kadiskominfo Hasan, jarang sekali tampil dalam menanggapi berbagai permasalahan yang menjadi polemik di masyarakat. Bahkan yang bersangkutan terkesan tertutup dengan insan pers.

“Saya melihat ada yang salah dengan gaya komunikasi Kadiskominfo Kepri, saudara Hasan. Yang bersangkutan terkesan menghindar dari wartawan. Seharusnya sebagai corong dan perpanjangan tangan gubernur, beliau harus komunikatif dan membuka diri dengan pihak manapun, termasuk dengan insan pers,” kritik Rinaldi.

Jadi kata Rinaldi, sebagai atasan dari Kadiskominfo, sudah selayaknya jika Gubernur Kepri memberikan masukan kepada Kadiskominfonya agar memberikan perhatian terhadap hal tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan informasi (Kadiskominfo) Kepri, Hasan yang pernah dimintai keterangan, terkait jarang menanggapi permasalahan di masyarakat terkait Pemprov Kepri serta sikapnya yang terkesan kurang komunikatif kepada insan pers, membantah hal tersebut.

Hasan menyebut bahwa dirinya sangat terbuka dengan insan pers. ” Tidak benar, saya selalu terbuka dengan insan pers. Dan komunimasi yang saya lakukan dengan masyarakat dan insan pers selama ini bagus,” ujar Hasan. (*)