Beranda Internasional China tutup Paksa Kantor Konsulat Amerika Serika di Cengdu, Taiwan Lakukan Latihan...

China tutup Paksa Kantor Konsulat Amerika Serika di Cengdu, Taiwan Lakukan Latihan Perang Besar-Besaran

19
China tutup Paksa Kantor Konsulat Amerika Serika di Cengdu, Taiwan Lakukan Latihan Perang Besar-Besaran | Photo : Ist/Net/Red

DETIKEPRI.COM, CHINA – Ketegangan dimplomatik yang terjadi antara Amerika Serikat dengan China berujung pada panutupan konsulat Amerika di Cengdu China. Pada Senin(27/07/2020). Bahkan penutupan ini dilakukan dengan menurunkan bendera Amerika Serikat dan juga melakukan pengosongan kantor Konsulat Amerika Serikat di Cengdu.

Aksi penutupan ini berawal dari balasan China kepada Amerika Serikat atas penutupan Kantor Konsulat China yang ditutup paksa oleh Amerika Serikat di Houston.

Selain itu penutupan konsulat berakibat perang dingin antara Amerika Serikat dan China. Petugas keamanan dan juga petugas kebersihan China melakukan pembersihan bahkan lencana Amerika Serikat juga di lepaskan dari kantor tersebut.

Pada hari Jum’at pekan yang lalu, pemerintah China mengirimkan peringatan kepada Washington untuk melakukan penutupan Kantor Konsulat Jenderal Amerika Serikat.

Kedua belah pihak saling tuding membahayakan keamanan nasional, batas waktu bagi orang-orang Amerika Serikat tidak jelas.

Akan tetapi China memberikan batas waktu penutupan Kantor Konsulat Amerika Serikat selama 72 Jam. Setelah perintah awal dibuat.

Jalan menuju Konsulat Cengdu telah ditutup, Aksi kemas-kemas para diplomat Amerika itu menjadi tontonan warga China, beberapa dari mereka mengambil photo dan video.

Tindakan mereka menutup paksa Konsulat Amerika Serikat adalah sah, dan perlu terhadap tindakan tidak masuk akal Amerika Serikat terhadap Konsulat China di Houston kata pemerintah China dalam sebuah pernyataan.

Beijing menuduh staf demisi diplomatik Amerika Serikat di Cengdu membahayakan keamanan dan kepentingan China.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Weng Wen Bien mengatakan kepada wartawan bahwa beberapa staf konsulat Amerika Serikat di Cengdu terlibat dalam kegiatan yang bukan kapasitas mereka. Dan mencampuri urusan dalam negeri China.

Serta membahayakan keamanan dan kepentingan China, Sementara itu para pejabat Washington mengatakan ada upaya yang tidak dapat diterima oleh para konsulat China di Houston, karena mencuri rahasia perusahaan Amerika Serikat serta penelitian medis dan ilmiah.

Ketegangan telah meningkat diantara dua kekuatan ekonomi terbesar di dunia berbagai bidang termasuk perdagangan, penangan virus corona di china dan pemberlakukan undang-undang keamanan baru yang kuat untuk Hongkong.

Tinggalkan Balasan