Beranda Lifestyle Suka Tidur dengan Lampu Menyala, Inilah 10 Akibatnya dan Tips Tidur Sehat

Suka Tidur dengan Lampu Menyala, Inilah 10 Akibatnya dan Tips Tidur Sehat

22
Suka Tidur dengan Lampu Menyala, Inilah 10 Akibatnya dan Tips Tidur Sehat

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Tidur dengan kondisi lampu menyala ternyata memiliki efek samping buruk yang harus di hindari oleh setiap orang, sebagian orang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap atau remang-remang.

Padahal tidur dengan keadaan lampu menyala dapat mengakibatkan masalah keseahtan yang serius bagi tubuh, dan selalu diabaikan oleh sebagian orang tersebut.

Berikut penjelasan terkait tidur menggunakan lampu menyala dan Tips tidur Sehat.

Beberapa orang mungkin harus tidur dengan lampu menyala. Namun, tahukah Anda bahwa tidur dengan lampu yang menyala memiliki dampak negatif terhadap kesehatan tubuh? Lantas, adakah solusi untuk menghentikan kebiasaan ini? Berikut adalah informasi selengkapnya!

BACA JUGA :  RB Foundation "D'Detox Therapy" Buka Cabang Ke 5 di Kawasan KDA Batam Centre

Tidur dengan Lampu Menyala Tidak Nyenyak?

Idealnya, orang akan mematikan lampu kamarnya ketika hendak tidur di malam hari. Akan tetapi, sebagian orang—mungkin termasuk Anda salah satunya—justru lebih memilih untuk tetap menyalakan lampu saat tidur.

Tentunya menjadi hak Anda untuk tidur dengan lampu menyala, namun perlu diketahui jika kebiasaan ini diklaim dapat membuat tidur jadi tidak nyenyak, lho! Hal ini cukup beralasan mengingat sorot cahaya lampu akan berdampak pada produksi hormon melatonin yang terhenti. Padahal, hormon inilah yang menciptakan rasa kantuk.

BACA JUGA :  Ichsan Yasin Limpo Tokoh SulSel Meninggal Dunia Akibat Kanker Paru-Paru

Akibat Tidur dengan Lampu Menyala

Nah, selain membuat tidur Anda jadi tidak nyenyak, kebiasaan tidur tanpa mematikan lampu ini jika dilakukan terus-menerus juga ada kemungkinan akan mengakibatkan timbulnya sejumlah masalah kesehatan. Berikut adalah akibat tidur dengan lampu menyala yang perlu Anda ketahui.

1. Obesitas

Dampak negatif yang pertama dari kebiasaan tidak mematikan lampu saat tidur di malam hari adalah berat badan yang melebihi ideal atau dikenal dengan istilah obesitas. Menurut studi yang dirilis oleh National Institutes of Health, efek ini lebih umum dialami oleh kaum wanita.

BACA JUGA :  Minuman Pembersih Racun Tubuh Ini Mudah Dibuat

Naiknya berat badan secara signifikan ini berkaitan dengan terganggunya kualitas tidur. Akibat tidur dengan lampu menyala, seseorang jadi lebih sulit tidur sehingga durasi tidurnya berkurang. Manakala waktu tidur kurang, frekuensi makan pun bertambah. Maka tak heran, berat badan pun bertambah.

2. Meningkatkan Risiko Kecelakaan atau Insiden Lainnya

Akibat tidur yang kurang nyenyak, Anda pun jadi mudah mengantuk saat beraktivititas di keesekan harinya. Rasa kantuk yang mendera sepanjang hari pun tak pelak akan membuat fokus berkurang.

Tinggalkan Balasan