Beranda Lifestyle Menjaga Kesehatan Payudara, Berikut 5 Manfaat dan Cara Memijat yang Benar

Menjaga Kesehatan Payudara, Berikut 5 Manfaat dan Cara Memijat yang Benar

24
Menjaga Kesehatan Payudara, Berikut 5 Manfaat dan Cara Memijat yang Benar | Photo : Ist/Net/Red

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Payudara adalah salah satu alat reproduksi bagi setiap wanita, sehingga harus tetap sehat dan dapat memproduksi Asi dengan baik.

Sebagian orang payudara yang sehat menjadi ciri penampilan yang sempurna, sehingga berbagai cara dilakukan untuk terlihat lebih sehat.

Padahal cara tersebut dapat mengakibatkan kerusakan sel payudara sehingga tidak dapat memproduksi ASI secara maksimal.

Dilansir dari doktersehat.com 5 manfaat dan cara pijat yang benar..!

Pijat payudara adalah salah satu teknik untuk menjaga kesehatan payudara termasuk identifikasi tanda kanker, melancarkan aliran darah, menjaga bentuk payudara, dan sebagainya. Ketahui teknik pijat payudara dan manfaatnya.

Manfaat Memijat Payudara bagi Kesehatan

Setiap wanita di atas usia 20 tahun disarankan untuk melakukan pijat payudara setidaknya selama 7 menit pada 7-10 hari setelah menstruasi. Pijat ini ditujukan untuk merangsang aliran darah, membantu kelancaran ASI untuk ibu, menjaga bentuk payudara, dan lainnya.

Ada berbagai manfaat memijat payudara, seperti:

1. Identifikasi Kanker Payudara Sejak Awal

Pijat payudara adalah salah satu teknik Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) untuk mengidentifikasi tanda kanker payudara sejak dini. Pijatan payudara akan membantu wanita menemukan bila ada benjolan, perubahan puting, nyeri payudara, penebalan kulit, atau perubahan ukuran payudara.

Berdasarkan laporan American College of Obstetricians and Gynaecologists, 71% wanita mendeteksi kanker payudara lebih awal dari pemeriksaan payudara sendiri. Diagnosis awal ini akan membantu pengobatan sebelum kanker menyebar lebih serius.

2. Meningkatkan Penampilan Payudara

Manfaat memijat payudara selanjutnya adalah untuk meningkatkan atau menjaga penampilan payudara. Pijat payudara dengan minyak zaitun atau minyak esensial lainnya akan mengencangkan otot dan elastisitas kulit payudara.

Selain itu, Anda juga dapat memperbesar ukuran payudara dengan pijatan tersebut. Caranya adalah dengan memijat payudara dengan gerakan memutar searah jarum jam. Lakukan selama 15 menit.

3. Membantu Melancarkan ASI

Bagi ibu yang sedang dalam program menyusui anak, pijat payudara secara teratur sangat dianjurkan untuk melancarkan ASI atau mencegah penyumbatan ASI di saluran susu.

Manfaat memijat payudara juga untuk mengurangi rasa nyeri payudara akibat ASI yang menumpuk, melancarkan aliran darah, serta menenangkan jaringan yang menghubungkan otot ke payudara. Pijat juga membantu mencegah pembengkakan dan infeksi jaringan payudara.

4. Merelaksasi Otot Payudara

Beberapa faktor seperti aktivitas yang melelahkan, olahraga, atau kegiatan sehari-hari lainnya mungkin membuat otot dada tegang. Wanita dapat mengatasinya dengan memijat payudara sendiri.

Tinggalkan Balasan