Beranda Daerah Penyakit Filariasis Atau Kaki Gajah, Inilah Penyebab dan Cara Pengobatannya

Penyakit Filariasis Atau Kaki Gajah, Inilah Penyebab dan Cara Pengobatannya

427
0
BERBAGI
Penyakit Kaki Gajah Bisa Menular Waspadalah | Photo : Ist/Net

DETIKEPRI.COM, KESEHATAN – Penyakit Kaki Gajah bisa terjadi kepada siapa saja, penyakit yang mengakibatkan bengkak cukup besar dibagian kaki, sehingga menunjukan kaki lebih besar dari kaki normal.

Hal inilah yang selalu di ajurkan kepada setiap orang untuk melakukan vaksin sebelum terjadi atau mengidap penyakit kaki gajah.

Para ahli kesehatan mencari penyebab dari penyakit ini dan cara pengobatan yang efektif sehingga pasien penderita dapat kembali pulih seperti semula.

BACA JUGA :  Hati-Hati Tahun 2017, Vaksin MR dan Rubella Menelan Korban, Dua Anak Meninggal, 9 Dirawat

Kaki gajah atau filariasis adalah parasit yang ditularkan melalui darah dari vektor arthropoda terutama nyamuk. Penyakit kaki gajah bukanlah penyakit yang mematikan, namun kondisi yang diakibatkannya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan mungkin menjadi sesuatu yang dirasa memalukan bagi penderitanya.

Sebagian besar kasus filaria disebabkan oleh parasit yang dikenal sebagai Wuchereria bancrofti. Filariasis sendiri diklasifikasikan menjadi:

BACA JUGA :  Hati-Hati Tahun 2017, Vaksin MR dan Rubella Menelan Korban, Dua Anak Meninggal, 9 Dirawat

– Memengaruhi sistem limfatik, termasuk kelenjar getah bening.
– Memengaruhi lapisan subkutan kulit (Filariasis Subkutan).
– Memengaruhi rongga serosa perut (Filariasis Rongga Serosas).

Filariasis bukanlah infeksi yang mengancam jiwa tetapi dapat menyebabkan kerusakan pada sistem limfatik secara permanen. Penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada tahap awal.

Oleh karena itu, kebanyakan orang pada awalnya tidak menyadari bahwa mereka memiliki filariasis. Lymphedema (pembengkakan saluran kelenjar getah bening) dengan penebalan kulit dan jaringan di bawahnya adalah gejala klasik dari kaki gajah.

BACA JUGA :  Hati-Hati Tahun 2017, Vaksin MR dan Rubella Menelan Korban, Dua Anak Meninggal, 9 Dirawat
Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here