Beranda Syiar Islam Baznas Kepri Berkerjasama dengan Prodi Kimia Umrah, di Progam ‘Handsanitizer For Mosque’

Baznas Kepri Berkerjasama dengan Prodi Kimia Umrah, di Progam ‘Handsanitizer For Mosque’

293
Baznas Kepri Berkerjasama dengan Prodi Kimia Umrah, di Progam 'Handsanitizer For Mosque' | Photo : Baznas Kepri

Tanjungpinang – Gasan program ‘Handsanitizer for Mosque’ merupakan program untuk pengadaan pembersih tangan yang bakal di berikan kepada seluruh masjid yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Gagasan ini disambut baik oleh para pengurus masjid.

Mendukung gagasan ini Prodi Kimia Universitas Raja Ali Haji Tanjungpinang ikut berkontribusi dan melakukan kerjasama dalam pengadaan Handsanitizer.

Menggagas program Hand Sanitizer For Mosque, BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau kerjasama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi Kimia, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dalam membuat dan meracik handsanitizer, dan telah diserahterimakan pada Senin (30/3/2020).

Hal itu dilakukan sebagai antipasi penyebaran Virus Corona atau yang lebih dikenal Covid-19.

Pembuatan dan peracikan Hand Sanitizer tersebut dilakukan oleh tim FKIP Prodi Kimia dengan alat dan bahan serta prosedur dan komposisi pembuatan yang sudah standar dan memadai.

“Ini nantinya akan digunakan secara mandiri. Kami memiliki program Hand Sanitizer For Mosque untuk di tempatkan di Masjid-Masjid di Kepri. Berikut sebagai langkah respon dan partisipasi Kami dalam merespon pencegahan Covid-19 di Kepri,” kata Kepala Pelaksana, Nurhayati.

Koordinator Program sekaligus Kepala Pelaksana BAZNAS Provinsi Kepri ini menyatakan, keinginan berbagi kepada masyarakat terhalang produk tersebut yang semakin langka dan terbatas.

“Kami ingin berbagi Hand Sanitizer kepada masyarakat, namun kesulitan untuk penyediannya, karena barangnya terbatas,” ujarnya.

Karena kondisi tersebut, lanjut dia, “Kami memutuskan untuk bekerjasama pihak ahli untuk membuat produk Hand Sanitizer ini. Lebih efisien, karena pengadaannya cukup dengan menyediakan bahan baku produk tersebut,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Program Studi Pendidikan Kimia, Dr. Hj. Nevrita, M.Pd, M.Si, mengaku kegiatan yang dilakukan BAZNAS Provinsi Kepri dan Pendikan Kimia ini, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat di Provinsi Kepri.

Untuk itu, sambungnya, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab ilmu dalam mengantisipasi Covid-19. “Ikhtiar ini sebagai bentuk tanggungjawab Kami karena memiliki ilmu terkait peracikan Hand Sanitizer sesuai prosedur yang berlaku,” ungkapnya.

“Untuk itu, perlu langkah nyata bersama peduli dengan kondisi penyebarluasan Covid-19 di Kepri,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan