Kondisi Pandemi Global, Butuh Daya Tahan Tubuh yang Maksimal

    365
    Kondisi Pandemi Global, Butuh Daya Tahan Tubuh yang Maksimal | Photo : Ist/Net

    KESEHATAN – Kondisi pandemi Covid-19 saat ini sangat membutuhkan tubuh yang sehat dan daya tahan tubuh yang tinggi, meningkatkan daya tahan tubuh tidak harus mahal, tingkat daya tahan tubuh dengan bahan-bahan dan tumbuhan yang biasa tertanam di sekitar lingkungan kita.

    Hidup sehat dimulai dari alam itu penting, tidak banyak orang menyadari bahwa hidup sehat harus butuh dana yang besar dan harus butuh biaya yang besar.

    Padahal banyak tanaman yang bermanfaat untuk tubuh kita dan dibutuhkan tubuh, tumbuhan yang selama ini ada disekitar kita bisa menjadi nutrisi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

    Jika kekebalan tubuh Anda kuat, Anda tidak akan mudah jatuh sakit. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ada berbagai cara sederhana yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat.

    Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Saat sistem kekebalan tubuh lemah, kuman-kuman tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.

    Salah satu penyakit infeksi yang mudah menyerang tubuh seseorang ketika daya tahan tubuhnya lemah adalah COVID-19 atau infeksi virus Corona.

    Ragam Makanan Penguat Sistem Kekebalan Tubuh
    Makanan sehat yang bernutrisi tinggi dapat membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dalam menghalau infeksi. Beberapa jenis makanan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh tersebut adalah:

    1. Brokoli

    Brokoli mengandung banyak serat dan antioksidan, serta kaya akan vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi inilah yang membuat brokoli mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    2. Bayam

    Kandungan antioksidan pada bayam tidak kalah tinggi dibandingkan brokoli. Sayuran ini juga mengandung banyak beta karoten, vitamin C, dan vitamin A yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, hindari memasak bayam terlalu lama agar nutrisinya tidak terbuang.

    3. Bawang putih

    Rempah yang paling sering digunakan sebagai bumbu makanan ini mengandung zat allicin. Zat ini mampu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih.

    Tinggalkan Balasan