Beranda Teknologi Nama domain dan pengaruhnya terhadap SEO

Nama domain dan pengaruhnya terhadap SEO

1047
0
Nama Domain

DETIKEPRI.COM, SEO – Nama Domain akan mempengerahui terhadap SEO (Search Engine Optimization) sebab nama domain adalah sebuah karakter awal yang akan di kenali oleh robot mesin pencari dan perayapan mesin pencari.

Kami sering mendapat pertanyaan dari orang-orang yang bertanya tentang pengaruh nama domain terhadap SEO.

Apakah ada hubungan sama sekali? Apakah itu membantu untuk memasukkan kata kunci seperti nama produk dalam nama domain Anda?

Apakah pengaruh nama domain berbeda per lokasi? Dan apa gunanya menggunakan lebih dari satu nama domain untuk sebuah situs? Dalam artikel ini, kami akan menjawab semua pertanyaan ini dan banyak lagi.

Apa itu nama domain?

Mari kita mulai dari awal. Nama domain adalah alias. Ini adalah cara mudah untuk mengarahkan orang ke tempat tertentu di internet tempat Anda membuat situs web.

Nama domain umumnya digunakan untuk mengidentifikasi satu atau lebih alamat IP. Bagi kami, nama domain kami adalah yoast.com.

BACA JUGA :  Ini Cara Kerja Google, Membaca Website mu

Perhatikan bahwa kami sengaja menyertakan “.com” di sini, di mana orang lain mungkin tidak setuju dengan itu. Menurut kami, penggunaan kata “nama domain” yang paling umum mencakup domain tingkat atas tersebut.

Di samping catatan, jika Anda telah berada di internet untuk sementara waktu sekarang, Anda mungkin memperhatikan bahwa situs web pada masa itu memiliki awalan “www” sebelum nama domain. Jadi untuk Yoast itu adalah www.detikepri.com.

Dalam hal ini, nama domainnya tetap yoast.com, sedangkan www adalah subdomainnya.

Saat ini orang tidak lagi menambahkan “www” sebelum nama domain.

Itu tidak perlu, itu membuat URL Anda panjang, dan sejujurnya, tidak ada lagi yang menggunakan istilah “world wide web”.

Domain tingkat teratas (TLD)

Di mana “detikepri” jelas merupakan merek kami, bit “.com” dari nama domain kami disebut TLD (atau domain tingkat atas). Pada hari-hari awal internet:

  • .com ditujukan untuk perusahaan AS,
  • .org untuk organisasi nirlaba,
  • .edu untuk sekolah dan universitas dan
  • .gov untuk situs web pemerintah.
BACA JUGA :  Seo Tahun 2023, Peluang anda untuk Bersinar

Tapi ini dari tahun 1985. Banyak hal telah berubah sejak saat itu.

Untuk Belanda, kami menggunakan .nl. Tetapi banyak perusahaan menggunakan .com ketika nama domain .nl sudah digunakan.

Saat ini, TLD seperti .guru dan .pro tersedia. Automattic membeli .blog pada tahun 2015.

Dan bagaimana dengan .pizza? Tapi ini belum semuanya. Anda dapat menemukan semua jenis TLD sekarang.

Banyak startup teknologi dan perusahaan SaaS memilih .io sebagai TLD mereka daripada yang lebih “tradisional” seperti .com atau .net.

Daftar TLD yang tersedia diperbarui dan dikelola oleh IANA – Internet Assigned Numbers Authority – yang dapat Anda temukan di sini. Kami menyebutnya TLD generik TLD semacam ini.

BACA JUGA :  Apa itu Keyword Research? Ini penjelasannya

TLD generik

Untuk SEO, Anda mungkin ingin menggunakan satu TLD saja. Dan, dalam kebanyakan kasus, sebaiknya pilih opsi umum, seperti .com, .net, .biz, dll.

Jika bisnis Anda berada di bidang yang sangat kompetitif, sebaiknya beli beberapa TLD yang lebih umum.

Ini untuk memastikan orang lain tidak menggunakannya untuk membangun situs web dengan nama merek Anda.

Akan membuat frustrasi jika situs web Anda adalah epicbusiness.com dan seseorang memulai epicbusiness.biz, bukan? Tetapi dalam banyak kasus, itu mungkin tidak diperlukan. Jadi apakah ini perlu atau tidak terserah Anda.

TLD umum memberi Anda pilihan untuk menjadi sedikit lebih kreatif dengan nama domain Anda. Beberapa contoh kemungkinan yang menyenangkan: order.pizza, visit.amsterdam, ice.land, atau mungkin buyher.flowers… Jika cocok dengan merek Anda, Anda dapat mencobanya.