Beranda Liputan Khusus Syiar Islam Dahsyatnya Sholat Hajat, ini Keutamaan yang Luar Biasa

Dahsyatnya Sholat Hajat, ini Keutamaan yang Luar Biasa

533
0
Sholat Hajat

DETIKEPRI.COM, SYIAR ISLAM- Setiap sholat Sunnah memiliki manfaat yang luar biasa bagi yang mengerjakan nya. Untuk sholat hajat bisa dikerjakan ketika seseorang memiliki keinginan atau hajat tertentu.

Salat Hajat dalam bahasa Arab: صلاة الحاجة‎ adalah salat sunnat yang dilakukan seorang muslim saat memiliki hajat tertentu dan ingin dikabulkan Allah. Salat Hajat dapat dilakukan antara 2 hingga 12 raka’at dengan salam di setiap 2 rakaat.

Untuk Niat sholat hajat dilakukan di dalam hati ketika sedang takbiratul ihram (mengangkat tangan). Lafazh niat salat hajat:

أُصَلِّي سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعاَلَى

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku berniat salat hajat sunah hajat, dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Dilansir dari Wikipedia, Keutamaan sholat hajat Adalah ingin memohon kepada Allah SWT antara lain :

1. Allah SWT Akan Mengambulkan Hajatnya 

Dalam Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq, ia mengutip hadits shahih dari Abu Darda radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah SAW Bersabda :

“Barang siapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat.” (HR Ahmad)

2. Allah SWT akan Meninggikan Derajatnya 

Semakin kita memperbanyak sholat, maka Allah akan meninggikan derajat kita seperti pada hadits yang berbunyi: “Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosa-dosamu” (HR.Muslim)

3. Dicintai Oleh Allah SWT.

Dalam Hadits Qutsi yang berbunyi : Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman, “Barangsiapa memusuhi wali-Ku, sungguh Aku mengumumkan perang kepadanya. Tidaklah hamba-Ku mendekat kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada hal-hal yang Aku wajibkan kepadanya. Hamba-Ku tidak henti-hentinya mendekat kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah hingga Aku mencintainya.” (HR.Bukhari)

Melakukan shalat sunnah akan mendatangkan ridha dari Allah SWT.

4. Allah SWT Akan Mengampuni Dosa-Dosanya 

Seperti yang telah disebutkan pada hadits-hadits sebelumnya bahwa memperbanyak sholat akan menghapuskan dosa-dosa kita. Maka jika seorang hamba rutin melaksanakan shalat hajat maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.

Dari Utsman bin Hunaif RA, ada seorang yang buta matanya menemui Nabi saw, lalu ia mengatakan:

“Sesungguhnya saya mendapatkan musibah pada mata saya, maka berdoalah kepada Allah SWT (untuk) kesembuhanku.” Maka Nabi Muhammad SAW bersabda, “Pergilah, lalu berwudhu, kemudian salatlah dua rakaat (salat hajat). Setelah itu, berdoalah….” Dalam waktu yang singkat, laki-laki itu terlihat kembali seperti ia tidak pernah buta matanya.” Kemudian Rasulullah saw bersabda, “Jika kamu memiliki kebutuhan (hajat), maka lakukanlah seperti itu (salat hajat).” (HR Tirmidzi)***