Beranda Liputan Khusus Sejarah dan Budaya Sejarah Islam : Perkembangan Intelektual

Sejarah Islam : Perkembangan Intelektual

898
1
Photo : Dok.Istimewa
IKLAN

DETIKEPRI.COM, SYIAR – Sejarah intelektual Islam klasik dilandasi oleh tersedianya semangat ilmiah dalam Al-Qur’an dan Hadist Nabawi. Orang hanya perlu mengingat bahwa ayat Al-Qur’an yang pertama diterima oleh Nabi Muhammad S.A.W

Mengandung perintah untuk membaca :Iqra’ dari perspektif histyoris posisi pertama ini jelas signifikan. Lalu di berbagai bagian dari kitab suci Al-Qur’an dengan mudah ditemukan perintah untuk mengoptimalkan penggunaan akal-budi manusia untuk memikirkan.

BACA JUGA :  Cara Aa Gym Nasihati TGB yang Dukung Jokowi 2 Periode

Merenungkan, mengati atau meneliti segala sesuatu yang ada di alam. Kehidupan Nabi Muhammad S.A.W pun dengan tegas menunjukan betapa besar apresisasinya terhadap aktivitas keilmuan.

Jadi kedua sumber utama ajaran Islam secara terpadu memberi fondasi yang sangat kokoh bagi pengembangan aktivitas intelektual oleh umat Islam.

Sejarah intelektual umat Islam diawali dengan pemeliharaan yang cermat terhadap setiap penggal ayat Al-Qur’an yang diterima oleh Nabi Muhammad S.A.W, sejak awal pemeliharaan ini telah melibatkan dua modus sekaligus : Penghafal dan Penulis.

BACA JUGA :  2 April Dalam Sejarah : Gegara Cornelis de Houtman Awal Indonesia Dijajah Belanda
1
2
3
4
5
6
SebelumnyaUni Eropa Serukan Penyelidikan atas Pembunuhan Remaja Palestina oleh Israel
SelanjutnyaBos Suzuki Siap Incar Ini, Setelah Timnya Juara Dunia 2020
DETIKEPRI Menugaskan Putra Piasaulu sebagai Wartawan untuk Media Online dibawah naungan PT. SANG PENULIS MELAYU. "Menulis adalah satu kegiatan yang menyenangkan, oleh sebab itu menjadi seorang wartawan adalah pekerjaan yang tak mengenal lelah, dan selalu memberikan kreatifitas dan tulisan yang menarik".

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.