Beranda Berita Internasional Piala Dunia 2022: Kontes Prancis-Maroko, 110 tahun dalam Sejarah

Piala Dunia 2022: Kontes Prancis-Maroko, 110 tahun dalam Sejarah

729
0
IKLAN

Langkah ini membangkitkan perlawanan terhadap pemerintahan kolonial lebih jauh dan, akhirnya, Prancis mengizinkan Mohamed V untuk kembali ke Maroko. Sultan mendeklarasikan kemerdekaan pada 18 November 1955, dan protektorat Prancis berakhir pada Maret 1956.

Warisan kolonial

Setelah kemerdekaan, beberapa kebijakan dalam negeri diterapkan untuk membantu negara menjauh dari pengaruh Prancis sambil mempertahankan hubungan baik dengan apa yang tetap menjadi mitra diplomatik dan ekonomi yang vital.

Pada tahun 1973, Raja Hassan II memberlakukan serangkaian reformasi ekonomi di sektor swasta yang mengalihkan lebih dari 50 persen perusahaan milik asing – kebanyakan milik Prancis – ke kepemilikan Maroko.

Pada 1980-an, raja menerapkan kebijakan Arabisasi sistem sekolah, mengganti bahasa pengantar dari bahasa Prancis ke bahasa Arab. Tiga puluh tahun kemudian, kebijakan tersebut dibatalkan untuk matematika, sains, dan fisika sekolah menengah.

Prancis tetap menjadi investor asing utama dan mitra dagang Maroko dan kemudian melakukan upaya untuk mempertahankan hubungan persahabatan.

1
2
3
4
5
6
SebelumnyaGubernur Kepri H. Ansar Ahmad Terima Penghargaan Sebagai Pembina Kabupaten/Kota Peduli HAM 2022
SelanjutnyaSerahkan Hibah Alsintan pada Kelompok Tani, Bupati Bintan Berharap Tingkatkan Hasil Pertanian
DETIKEPRI Menugaskan Putra Piasaulu sebagai Wartawan untuk Media Online dibawah naungan PT. SANG PENULIS MELAYU. "Menulis adalah satu kegiatan yang menyenangkan, oleh sebab itu menjadi seorang wartawan adalah pekerjaan yang tak mengenal lelah, dan selalu memberikan kreatifitas dan tulisan yang menarik".