Beranda Berita Internasional Piala Dunia 2022: Kontes Prancis-Maroko, 110 tahun dalam Sejarah

Piala Dunia 2022: Kontes Prancis-Maroko, 110 tahun dalam Sejarah

729
0
IKLAN

Prancis menandatangani Perjanjian Fes dengan Sultan Abdul Hafiz Maroko pada tahun 1912, secara resmi menjadikan Maroko sebagai protektorat Prancis dan menghabiskan tahun-tahun berikutnya membangun koloni di sana. Selama Perang Dunia I, Prancis mewajibkan sekitar 40.000 tentara Maroko untuk berperang dalam pasukan kolonialnya.

Tetapi kebencian antikolonial terhadap Prancis tumbuh dan berkembang lebih jauh selama Perang Dunia II – periode di mana banyak bekas koloni Eropa mencapai kemerdekaan. Pada tahun 1944, Partai Istiqlal yang baru dibentuk mengeluarkan Proklamasi Kemerdekaan Maroko.

Patung Penjajah Prancis di Maroko
Patung Hubert Lyautey, yang bertugas di Maroko dan bekas jajahan Prancis lainnya, berlumuran cat merah pada 22 Juni 2020, di Paris di tengah protes global untuk menurunkan monumen tokoh yang terkait dengan perbudakan atau kolonialisme [Rafael Yaghobzadeh/AP Photo]
Pada tahun 1952, pemberontakan anti-kolonial di Casablanca ditekan dengan keras oleh otoritas Prancis, yang kemudian melarang partai Komunis Maroko dan Istiqlal dan mengasingkan Sultan Mohamed V ke Madagaskar.

1
2
3
4
5
6
SebelumnyaGubernur Kepri H. Ansar Ahmad Terima Penghargaan Sebagai Pembina Kabupaten/Kota Peduli HAM 2022
SelanjutnyaSerahkan Hibah Alsintan pada Kelompok Tani, Bupati Bintan Berharap Tingkatkan Hasil Pertanian
DETIKEPRI Menugaskan Putra Piasaulu sebagai Wartawan untuk Media Online dibawah naungan PT. SANG PENULIS MELAYU. "Menulis adalah satu kegiatan yang menyenangkan, oleh sebab itu menjadi seorang wartawan adalah pekerjaan yang tak mengenal lelah, dan selalu memberikan kreatifitas dan tulisan yang menarik".