Beranda Ekonomi & Bisnis Kenderaan Anda Di Asuransikan, Pahmilah 5 Hal Asuransi Kenderaan Agar Tidak Salah

Kenderaan Anda Di Asuransikan, Pahmilah 5 Hal Asuransi Kenderaan Agar Tidak Salah

195
0
BERBAGI
Kenderaan Anda Di Asuransikan, Pahmilah 5 Hal Asuransi Kenderaan Agar Tidak Salah | Photo : Ilustrasi Car Insurance/Net

DETIKEPRI.COM, EKONOMI & BISNIS – Milihat kurangnya kesadaran penggunan jalan terhadap keselamatan dan kurang hati-hatinya pengguna jalan yang justru meningkatkan angka kecelakaan dan kematian di jalan raya, hal ini yang membuat berbagai bentuk kecelakaan terjadi di jalan raya.

Kenderaan yang digunakan memiliki resiko tinggi di jalanan ataupun posisi di manapun, sehingga beberapa pemilik mobil dan kenderaan lainnya melakukan beberapa hal untuk perlindungan dan pembiayaan perlindungan terhadap kenderaan mereka.

Asuransi adalaha hal yang paling banyak dipilih oleh setiap orang, bahkan mereka berani membayar premi asuransi Allrisk, namun pada kenyataanya banyak mengeluhkan klaim asuransi tersebut.

Besaran angka kecelakaan di kota-kota besar yang identik dengan padatnya kendaraan, tentunya memicu para pemilik kendaraan untuk melindungi kendaraan mereka dari risiko kerugian dengan mendaftarkannya ke perusahaan penyedia asuransi kendaraan.

Sebagai contoh, ketika Anda tak membeli kendaraan secara tunai, saat mengajukan kredit kendaraan di perusahaan pembiayaan -leasing– , pada umumnya disertakan dengan asuransi.

Saat itulah Anda akan mendapatkan informasi klausul yang tertuang dalam pasal-pasal di Polis Standar Asuransi (PSA).

Ada sekitar 30 pasal yang tercantum di PSA yang semuanya harus Anda pahami, karena berkaitan dengan penggantian kerugian dan tata cara mengajukan klaim ketika terjadi insiden pada kendaraan Anda.

Akan tetapi ada 5 pasal yang harus benar-benar Anda cermati. Kelima pasal tersebut berbicara tentang jaminan kendaraan, jaminan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga, penolakan klaim, pengalihan kepemilikan kendaraan, dan tata cara klaim.

“Secara umum sebaiknya semua pasal harus dibaca dan dipahami, namun setidaknya ada 5 pasal yang harus benar-benar dipahami agar pemilik mobil tidak merasa dirugikan,” ujar Iwan Pranoto, Head of Communication & Event Asuransi Astra, pada acara “Workshop Insurance” yang diselenggarakan bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot) di Jakarta, Rabu (31/8).

Kelima pasal tadi meliputi;

Pasal 1, soal jaminan terhadap kendaraan bermotor Anda. Di sana tertulis kendaraan Anda akan diberikan perlindungan pertanggungan saat mengalami tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok.

Baca Halaman Berikutnya
Komentar
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here