Beranda Liputan Khusus Politik DPW PKB Kepri Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Bacaleg untuk Pemilu 2024

DPW PKB Kepri Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Bacaleg untuk Pemilu 2024

681
0

DETIKEPRI.COM, POLITIK – Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Kepulauan Riau (DPW PKB Kepri) menyelenggarakan Uji Kelayakan dan Kepatutan Bakal Calon Anggota Legislatif yang akan maju pada Pemilu 2024.

Uji Kelayakan dan Kepatutan dilaksanakan LPP DPW PKB Kepri di Hotel K Batam selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 25 – 26 Februari 2023.

Kegiatan Uji Kelayakan dan Kepatutan dilakukan LPP DPW PKB Kepri untuk menguji dan mengukur kesiapan Bacaleg dalam menjalankan fungsi dan tugas sebagai anggota legislatif apabila terpilih. Selain itu juga untuk menguji strategi Bacaleg dalam memenangkan PKB di Pemilu 2024 dan Gus Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024.

Sekitar 28 Bakal Calon Legislative (BACALEG) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Kepulauan Riau jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan di Hotel K Batam 25 – 26 Februari 2023, Dari 28 orang akan di bagi 2 gelombang uji kelayakan dan kepatutan.

LPP DPW PKB Kepri selaku Lembaga Pemenangan Pemilu melibatkan sejumlah tokoh sebagai Tim Penguji untuk menyeleksi Bacaleg. Tim Penguji Bacaleg DPW PKB Kepri terdiri dari, DPW PKB Kepri, Mantan Gubernur Kepri, Isdianto, Mantan Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir.

Sedangkan tim penguji Akademisi nya, Rektor Universitas Ibnu Sina Batam Assoc Prof. Dr. H. Mustaqim Syuaib, SE, MM, Wakil Rektor III Universitas Ibnu Sina Batam: Dr. Sumardin, SE, M.Si.

Dan tim penguni dari Ulama dan tokoh masyarakat ada Mantan Ketua PW GP Ansor Kepri dan Recruitment Consultant PT Tunaskarya Indoswasta, Baru Rochim Juga Ustadz Agus Salim Haikal.

LPP DPW PKB Kepri melaksanakan Uji Kelayakan dan Kepatutan bagi Bacaleg di semua daerah pemilihan (Dapil) DPRD Provinsi Kepri. Yakni Dapil Kepri 1 (Kota Tanjungpinang), Dapil Kepri 2 (Kabupaten Bintan dan Lingga), Dapil Kepri 3 (Kabupaten Karimun), dan Dapil Kepri 4 (Kota Batam A: Batu Ampar, Bengkong, Lubuk Baja, Batam Kota).

Kemudian Dapil Kepri 5 (Kota Batam B: Belakangpadang, Sekupang, Batuaji, Sagulung), Dapil Kepri 6 (Kota Batam C: Nongsa, Bulang, Seibeduk, Galang), Dapil Kepri 7 (Natuna dan Anambas).

Prof. Dr. H. Mustaqim Syuaib, SE, MM, tim penguji kelayakan Akademisi, saat di wawancara awak media menjelaskan, Bacaleg PKB Provinsi Kepri hari ini 25/02 ada 14 orang yang lagi di uji kelayakan nya,

“Ada 6 poin materi yang di uji kepada bacaleg, salah satu nya bagaimana persiapan bacaleg menghadapi pileg 2024, dan juga kedekatan bacaleg kepada masyarakat dalam menampung aspirasi masyarakat, yang terpenting strategi bacaleg itu sendiri untuk memenangkan Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar memenangkan dalam pilpres 2024 nanti, ” ujar nya.

Selain melaksanakan Uji Kelayakan dan Kepatutan, LPP DPW PKB Kepri juga akan meneliti rekam jejak Bacaleg maupun pengaduan masyarakat dan mengonfirmasinya terhadap yang bersangkutan. Selanjutnya, DPW PKB Kepri akan mengumumkan secara terbuka nama-nama Bacaleg untuk DPRD Provinsi Kepri yang sudah lolos Uji Kelayakan dan Kepatutan.

Seluruh Bacaleg PKB yang lolos Uji Kelayakan dan Kepatutan akan mengikuti proses berikutnya dan wajib mengikuti pembekalan.